Selasa, 06 November 2012


BIDANG SPESIALIS AKUNTANSI
A. AKUNTANSI KEUANGAN
Sasaran ( objek) kegiatan akuntansi keuangan adalah transaksi keuangan yang sudah terjadi ( data historis) yang menyangkut perubahan aktiva, kewajiban dan ekuitas perusahaan. Akuntansi keuangan bertujuan untuk menyediakan laporan keuangan untuk kepetingan pihak intern perusahaan (manajemen ) dan pihak- pihak ekstern.

B. AKUNTANSI BIAYA
Sasarn kegiatan akuntansi biaya adalah transaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya, terutama biaya- biaya yang berhubungan dengan pengolahan bahan baku menjadi produk jadi. Akuntan biaya bertujuan untuk menyediakan informasi biaya untuk kepentingan intern perusahaan (manajemen ) antara lain informasi harga pokok produk yang diperlukan untuk menentukan harga jual dan penyusunan laporan keuangan.

C. AKUNTANSI MANAJEMEN
Kegiatannya berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data historis ( terutama data biaya ) dan data taksiran. Tujuan kegiatannya adalah menyediakan data yanag diperlukan manajemen dalam menjalankan kegiatan sehari- hari dan dalam penyusunan rencana kegiatan operasi dimasa datang.

D. AKUNTASI PEMERIKSAAN
Akuntansi pemeriksaan adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan kegiatan pemeriksaan terhadap catatan hasil kegiatan akuntansi keuangan.

E. AKUNTANSI PERPAJAKAN
Bidang akuntansi perpajakan berhubungan dengan penentuan obyek pajak yang menjadi tanggungan perusahaan serta perhitungannya. Kegiatan akuntansi perpajakan membantu manajemen dalam menentukan pilihan- pilihan transaksi yang akan dilakukan, sehubungan dengan pertimbangan perpajakan.

F. AKUNTANSI ANGGARAN
Berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data operasi keuangan yang sudah terjadi serta taksiran kemungkinan yang akan terjadi, untuk kepentingan penetapan rencana operasi keuangan perusahaan ( anggaran ) dalam suatu periode tertentu.

G. AKUNTANSI PEMERINTAHAN
Akuntansi pemerintahan adalah bidang akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan masalah pemeriksaan keuangan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar